Powered by Blogger.
Enjoy every process of putting in all the tiny stroke is the art of painting

Featured post

CHECK OUT NEW VIDEO

HEYAAAA. semua nya, bagimana kabar kalian ? banyak yang request untuk real time video proses pewarnaan, tapi kali ini aku kasiin kalian y...

» » » » » Cara mudah inking dengan manga studio

Apakah kalian baru dalam menggambar digital?mungkin kalian akan sedikit terkejut perbedaan antara menggambar manual dan digital, jika kalian mahir menggunakan drawing pen, bukankah sama saja dengan stylus pen? rupanya tidak yang semudah yang kita bayangkan, menggambar dengan cara digital memang cukup sulit, yah memang sebenarnya apapun yang baru dipelajari akan sulit.


Jadi kali ini kita akann belajar mengenai hal-hal yang harus kalian ketahui mengenai inking di manga studio.





Sebelum meninta gambar manga kalian, mulailah menggambar sketsa kasar pada layer pertama.







Klik tambahkan vector layer, pada gambar di atas, tak hanya menggunakan g-pen, vector layer juga akan memudahkan saat proses inking.




 Gambar diatas adalah option pada vector layer, setelah kalian membuat outline dengan g-pen, kalian dapat memodifikasi nya dengan vector layer, ada beberapa pilihan yang dapat memudahkan kalian dalam pengerjaan manga, contonya control point, kalian dapat menarik ulur ke berbagai arah yang kalian inginkan pada lingaran keci berwarna hijau, sedangkan pinch vector line memiiki fungsi yang serupa namun tidak ada bulat-bulatan kecil berwarna hijau.



Curve tool, ini adalah salah satu tool yang dapat memudahkan kalian untuk membuat outline dengan garis yang smooth, dengan tool ini kalian dapat membuat garis lurus, melengung dan dapat membuat apapun sesuai dengan kemampuan kalian.





Membuat outline rambut manga, memang bisa dibilang relatif sulit karena detail nya sedikit rumit, namun kalian tak usah khawatir karena pada manga studio terdapat tool yang dapat memudahkannya, yaitu menggunakan effect lines pen, lihatlah pada gambar diatas ketika kalian membuat garis yang berantakan menggunakan tool ini setelah beberapa detik garis tersebut akan berubah smooth dan tipis, sangat membantu bukan?



Nah ketika kalian telah mengetahui hal-hal penting dalam inking manga studio, selanjutnya kalian harus lebih banyak melatih tangan kalian agar lebih terbiasa dengan tekanan pada pen tablet kalian, good luck with your artwork !!!


«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Manga Belajar

passion was born but talent is made, so do not stop practicing.

2 komentar

Cara mudah inking dengan manga studio
  1. Thanks For Helping me out! I love this blog..

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you for your lovely words, that give me an energy

      Delete